Perencanaan Galangan Reparasi Kapal TNI-AL


30 January 2009
[yim347] SNMT-2006 Perencanaan Galangan Reparasi Kapal TNI-AL
Pemeliharaan dan perawatan fisik dan teknis secara berkala perlu dilakukan oleh TNI-AL. Reparasi kapal-kapal TNI-AL banyak dikerjakan digalangan-galangan BUMN dan swasta nasional. Sehingga berakibat pada biaya yang mahal, waktu yang lebih lama karena harus mengikuti jadwal dock terkait, juga mempengaruhi jadwal kegiatan operasional AL dan faktor kerahasiaan sulit terjaga.
Sesuai dengan Master Plan 2005 – 2020 DBAL Ujung Surabaya dan Rencana Pembangunan Fasharkan Armatim Surabaya, yang memuat perencanaan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan kapal (Fasharkan) yang berfungsi sebagai pendukung Armada TNI AL dalam hal fasilitas pemeliharaan dan perbaikan kapal. Disamping itu berkaitan dengan Blue Print TNI AL tahun 2003 untuk sepuluh tahun kedepan (2003- 2013) akan menambah jumlah armada kapal perang disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan konstelasi geografis bagi keamanan wilayah perairan kita, untuk itu perlu adanya fasilitas pemeliharaan dan perbaikan kapal yang sanggup melayani semua jenis kapal perang TNI AL baik untuk perawatan dan perbaikan kapal. Dengan pertimbangan tersebut di atas, pembangunan galangan kapal untuk melayani reparasi kapal-kapal perang milik TNI AL sendiri sangat diperlukan.
Dalam penelitian ini, perencanaan galangan reparasi kapal ini menggunakan metode ZOPP (Ziel Orientierte Projekt Planung) diperkenalkan oleh GTZ tahun 1983, yang kemudian akan dibandingkan dengan rancangan galangan reparasi kapal dari TNI AL. Hasil akhir dari penelitian ini berupa layout galangan reparasi kapal yang secara teknis dan ekonomis menguntungkan dan dapat dipertanggung jawabkan.
Kata kunci: hankam, master plan DBAL, kapal perang, biaya reparasi, galangan kapal, Fasharkan, ZOPP.

Title : PERENCANAAN GALANGAN REPARASI KAPAL TNI AL (STUDI KASUS ARMATIM)
Author : Mohammad Syaifi, Djauhar Manfaat, Heri Supomo, Jurusan Teknik Produksi Dan Material Kelautan, Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi III
Program Studi MMT-ITS, Surabaya 4 Pebruari 2006

credit to : http://mmt.its.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar